Berwisata ke pulau Lombok tak hanya soal pantai atau gilinya, ternyata pulau lombok memiliki segudang air terjun yang tersebar di beberapa kabupaten. Yang paling terkenal berada di kabupaten Lombok Utara bernama Air Terjun Tiu Kelep. Lokasi tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Kabupaten Lombok Utara memang banyak memiliki wisata air terjun karena geografisnya banyak di kelilingi pegunungan dan juga berdekatan dengan Gunung Rinjani, maka masyarakat pulau Lombok menyebut Lombok Utara sebagai Dayen Gunung dalam bahasa Sasak yang berarti Utara Gunung.

Sebelum memasuki area Air Terjun Tiu Kelep traveler akan disambut oleh air terjun Sendang Gile yang tak jauh dari pintu masuk kawasan Air Terjun Tiu Kelep, Sendang Gile memiliki debit air yang lebih kecil dari pada Tiu Kelep. Namun sebagai pembuka kita akan melihat Sendang Gile seperti miniatur dari Air Terjun Tiu Kelep. Traveler bisa mengabadikan foto sembari menikmati suasana air terjun.

Kemudian traveler akan trekking menuju Air Terjun Tiu Kelep traveler akan melewati kawasan hutan lindung yang di kelola oleh Taman Nasional Gunung Rinjani, terdapat bereapa satwa diantaranya monyet dan spesies burung. Suasana yang sejuk serta menyegarkan akan mengiringi perjalanan traveler.
Terdapat seorang pemandu wisata yang akan menemani traveler selama perjalanan, sedikit saran sebaiknya traveler menggunakan sendal atau sepatu gunung karena banyak jalan berbatu dan jalan yang licin.

Sesampai di lokasi traveler akan melihat air terjun dengan ketinggian 42m dengan satu terjunan air utama dan beberapa terjunan air dibelakangnya, Sungguh pemandangan yang luar biasa yang bisa traveler saksikan, derai air serta gemercik air terdengar sangat merdu. Traveler wajib mencoba kesegaran airnya konon katanya Dewi Anjani ( penjaga Gunung Rinjani ) sering turun mandi ke air terjun ini sehingga wajahnya tetap awet muda dan segar. Traveler dapat berendam di sekitaran air terjun sebagai tempat relaksasi. Jangan lupa membawa baju ganti traveler, meskipun traveler tidak bermain air, tetapi percikan air dari air terjun akan membasahi traveler.

Share!

Baca Lainnya


CS Lombok Experience
Online
CS Lombok Experience
Haloo!
Ada yang bisa dibantu?
Mulai Chat
Halo, Ada yang bisa kami bantu?